GuidePedia

0
KONTRASPRO - Dewasa tidak di pandang dari berapa umur kita, tetapi bagaimana kita dapat mengatur atau mengendalikan emosi kita terhadap orang lain dengan tepat. Adakalanya, umur masih belasan tahun tetapi cara pandangnya sudah sangat mapan, itu dia yang dinamakan Dewasa.
Jika kamu sudah melewati masa-masa dibawah ini, berarti kamu sudah berpikir dewasa.

1. Kurangi berkata "AKU"


Bisa dibilang sedikit narsis, tapi coba perhatikan :

A : "Bajunya bagus ya?"

B : "Iya sih, tapi AKU kurang suka warna."

A : "Yaudah, cari di toko sebelah aja yuk?"

B : "Oke, AKU dulu sering kesitu dengan mantanku"

A : "Oya?"

B : "Iya, jadi AKU tuh... bla...bla...bla

lihatlah, betapa membosankan percakapan diatas. Jadi mulai sekarang kurangi bekata "AKU". Memang sebagai manusia naluri kita selalu ingin diperhatikan, tapi itu bukan berarti kamu selalu tampil didepan. Coba kamu bayangkan kalau kamu itu menjadi si "A". Enggak Banget...


2. Diam itu Mutiara


Diam itu memang mutiara, tapi bukan berarti kamu harus diam selamanya.
seperti kata pepatah, "Tong kosong nyaring bunyinya"
jadi, untuk kamu hindari berbicara saat :
  • Lawan bicara kamu sedang berbicara, kamu diam dan dengarkan. Jangan sekali-kali menyela pembicaraan.
  • Saat orang yang lebih tua dari kamu sedang menjelaskan sesuatu, meskipun keadaan tidak terkendali. Lebih baik kamu dengar dan memperhatikan.
  • Saat kamu tidak tahu, lebih baik kamu diam dan tersenyum dan jangan sok tahu.
  • Berbicara tidak jelas tanpa arah.


3. Pilah Pilih Kawanmu


Teman termasuk faktor utama dalam pembentukan karakter seseorang dalam melihat masadepan. Mereka akan sangat berpengaruh pada kamu, kalau kamu berteman dengan pencuri maka kamu iya atau tidak akan terkena imbasnya. Jika kalian berteman dengan orang sukses, cepat atau lambat kamu akan segera berpengaruh. 
Nah, mulai sekarang tentukan bagaimana kamu mencari kawan yang sejalan dengan kamu.


4. Ada Cinta Pasti Ada Benci


Tuhan itu Maha Adil, kamu tidak perlu buang-buang waktu untuk memikirkan orang yangtiadk menyukaimu, karena dibalik itu semua pasti ada banyak orang yang mencintaimu.
Disaat kamu sedang dalam situasi yang sulit, merasa di olok-olok, diabaikan, dikucilkan, diremehkan atau apaun yang membuatmu galau, pikirkan dengan tenang. Orang tua kamu pasti menyayangimu, saudaramu, keluarga besar kamu, sahabat kamu, orang-orang terdekat bahkan kekasihmu. Jadi, mulai sekarang yang harus kamu lakukan untuk orang yang membenci kamu adalah ABAIKAN dan SENYUMIN aja...


5. Jadiah Diri Sendiri


Kamu tidak perlu mengikuti mereka yang bukan kamu, kamu ya kamu. kalau kamu suka biru dan mereka suka merah, kenapa harus mengikutinya. 
Bukankah sangat menyenangkan saat kamu bisa mengekpresikan apapun yang kamu inginkan? jadi kamu harus PERCAYA dan jadilah diri sendiri. 


6. Nggak Semua Orang "Wellcome" Sama Kamu


Tipe orang itu berbeda-beda. Untuk menjadi dewasa kamu nggak harus serius. Menjadi dewasa itu menjadi lebih bertatakrama. jika kamu orangnya celengekan bukan berarti kamu nggak bisa dewasa, yang harus kamu sadari adalah nggak semua orang bisa menerima kamu. 


7. Rapikan Bahasa Kamu


Bahasa yang keluar dari mulut kamu itu menunjukkan dari mana kamu berasal, seberapa tinggi pemikiran kamu, bagaimana tingkat pendidikan kamu. Jadi, hindari berkata hal yang nggak penting, jika memang nggak ada yang ingin kamu sampaikan, lebih baik diam. Kamu juga harus menghindari berkata kotor. 


8. Jadilah Pendengar Yang Baik


Pendengar yang baik itu adalah dia yang bisa membuat kita nyaman saat bercerita bahkan saat berkeluh kesah, dia yang nyambung dan menanggapi dengan baik, dia yang memperhatikan dan tidak sibuk dengan gadged-nya. 
Mendengarkan itu banyak modelnya, jika hanya mendengar aja itu gampang. tetapi untuk menjadi pendengar yang baik itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang hebat. 


9. Perluas Wawasan Kamu


Baca apapun yang kamu lihat, jadikan segalanya ang terjadi sebagai sebuah pelajaran. Selain menjadi dewasa kamu juga harus tahu betapa pentingnya ilmu, maka perluas wawasan kamu. 


10. Menabung


Pikirkan masa depan kamu dan realisasikan. kamu ingin ini, kamu ingin itu. Percayalah, semua yang kamu inginkan itu bisa terwujud asal kamu mulai menabung. 


11. Awali Semua Dengan Hal Positif


Sewaktu kamu bangun tidur, kamu jangan buru-buru bangun dan mandi. Akan lebih baik jika kamu meluangkan waktu sejenak untuk tersenyum, Syukuri hidupmu. Semua akan menjadi lebih baik. 


12. Pahami Jika Dunia Itu Luas


Perlu kamu sadari, dunia ini tidak selebar daun kelor. Dunia itu luas, tidak hanya berotasi kepadamu. 


13. Bedakan Privasi dengan Publik


Perlu kamu ketahui, semua orang mempunyai masalah tersendiri dalam hidup yang tidak perlu diketahui oleh publik. Kamu tidak harus menulis di akun media sosial tentang kehidupan pribadi kamu, cukup tutup mulut denga itu semua. 


14. Jangan Menjadi Hiperbolis


Dalam hal apapun, jangan melebih-lebihkan sesuatu. Baik dari segi penampilan ataupun cara berbicara. Berpenampilanlah yang sewajarnya dan berbicaralah apa adanya. Jangan melebih-lebihkan cerita. 


15. Berbahagialah


Jangan pernah coba-coba untuk menjadi kepiting. Hewan licik dan curang. Kenapa saat kepiting di letakkan dalam sebuah ember bersama kawanannya tidak akan pernah bisa keluar? Meskipun mereka mampu melakukannya? Karena mereka memiliki prinsip, saat ada satu kepiting yang hampir menyentuh bibir ember, kepiting lainnya akan menarik kepiting tersebut hingga terjatuh dan tidak jadi keluar, dan akan seperti itu hingga mereka dimasak dan mati.

Pahamkah maksudnya? Berbahagialah saat teman kalian berbahagia.


16. Bersyukurlah



Bersyukurlah dalam kondisi apapun. Karena dengan bersyukur kamu akan mendapatkan yang lebih.


17. Berdoalah


Apapun usaha yang kita lakukan di dunia ini, tidak akan terjadi tanpa seizin-Nya, jadi kamu jangan malu untuk Berdo'a dan memohon yang terbaik kepada Tuhan. 

Post a Comment Blogger

 
Top